Terkait dengan pernyataan teman blogger melalui kolom komentar dari artikel saya yang berjudul Penyebab Utama Penghasilan dan Jumlah Klik Iklan PPC Berkurang, maka di situ ada kegalauan yang beliau ungkapkan, dan lebih jelasnya adalah:
Saya juga salah satu (maaf nama iklan disembunyikan), bulan pertama saya menjadi publisher ......, saya hanya menghasilkan 49 ribu, belum bisa payout, begitu bulan kedua, penghasilan mencapai 482 ribu dengan UV harian 1000-1500 atau dengan jumlah klik harian antara 80-100 Klik (Tidak Rutin), dan bulan ini Jumlah klik perhari antara 3-5 klik, padahal UV sekarang jelas lebih tinggi dari sebelumnya, yaitu antara 2000-4000 perhari. Saya sendiri masih bingung kenapa hal ini terjadi, apa penyebabnya? Untuk itu saya mohon bantuan dari Agan" semua, kira" ada tidak solusi terhadap masalah ini? Karena saya yakin betul, jumlah klik pasti besar, namun tidak dihitung oleh ...........
Dari pernyataan di atas, akhirnya judul Kali-Kali Iklan PPC itu Untung Bukan Menguntungkan sepertinya tepat menghiasi artikel kali ini, sebab jika ditinjau dari pernyataan dari Mas Ikhsan Fakhruddin di atas, terdapat beberapa analisis dan hal itu bisa diuraikan menjadi 3 bagian yaitu:
- Jumlah Pengunjung dan jumlah klik
- Rutinitas klik yang valid atau tidak
- Pengunjung VS Mesin Klik
Nah, dari tiga kategori di atas, saya akan mencoba menjelaskan apa sih penyebab terjadinya sebuah kegalauan bagi para publisher yang sedikit mendapat hasil klik, dan tentu kegalauan itu akan bertambah jika jumlah Visitor banyak tapi hasil kliknya sedikit. Jika dicermati, maka hal itu bisa saja terjadi karena:
- Iklan tidak sesuai dengan konten
- Iklannya membosankan
- Pengunjung sedikit
- Pengunjung yang memang malas klik
Namun, bagi saya jumlah Visitor sangat menentukan jumlah pengunjung, sebab semakin banyak pengunjung maka akan semakin banyak juga yang mengklik iklan. Akan tetapi, apa jadinya jika pengunjung banyak tapi hasil klik sedikit? dan inilah yang dialami oleh mas Ikhsan.
Tapi, bagi saya (maaf ni ya!) pengunjung dengan jumlah 4000-5000/hari masih terbilang sedikit jika dikaitkan dengan penghasilan, apalagi iklannya merupakan iklan lokal yang tampilan iklannya selalu itu-itu saja, dan hal ini akan sangat berbeda dengan Iklan PPC dari luar seperti Adsense, kemungkinan hasil klik dan penghasilan bisa lebih besar.
Namun, walaupun demikian tidak dapat saya pungkiri jika kegalauan itu akan muncul jika demikian, lalu apa sih penyebabnya? Secara pasti tentu saya dan kita semua tidak bisa menjelaskannya, namun jika dicermati, maka penyebabnya tepat sekali jika disandingkan dengan kalimat Kali-Kali Iklan PPC itu Untung Bukan Menguntungkan.
Lalu apa sih maksudnya?
Nah, pemantau hasil klik dalam hitungan valid itu kan mesin yang mengontrol bukan orang, maka dari itu dapat dipastikan program dalam iklan PPC tersebut tentu sudah dirumuskan dengan:
- Logika klik dengan jumlah pengunjung
- Logika klik dalam hitungan waktu
- Minimum klik untuk dihasilkan
Program yang sudah ditanamkan mesin penghitung klik setiap iklan PPC tentu merumuskan Untung bagi mereka dan bukan untuk menguntungkan, maka dari itu nilai minimumlah yang digalakkan, hal ini berarti persentase klik valid di sini sangat kuat, sehingga akan menimbulkan:
- Dalam bentuk Waktu yang akan dicurigai apabila klik terlalu cepat
- Konversi hitungan rata-rata/jumlah pengunjung dalam perhari
- Ketentuan jumlah dengan hasil klik yang sudah dirumuskan dengan maksimum 50%/klik
Jadi secara garis besar dapat saya simpulkan bahwa hasil klik yang anda dapatkan saat ini dengan jumlah yang menimbulkan kegalauan merupakan fakta jika kita harus rela kalau nilai maksimum klik versus visitor itu hanya bernilai 50% saja, dengan demikian jika pengunjung blog bisa mencapai 5000/hari, kemungkinan besar dalam skala maksimum 50%, anda akan memperoleh rata-rata/klik mencapai 50-80 saja.
Ini hanya analisis saya saja, jika terjadi kesalahan, maka kiranya teman-teman dapat meluruskannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih!.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar