Model desain pembelajaran Briggs berorientasi pada rancangan sistem dengan sasaran guru yang bekerja sebagai perancang atau desainer kegiatan pembelajaran maupun tim pengembangan pembelajaran yang anggotanya, meliputi guru, administrator, ahli bidang studi, ahli evaluasi, ahli media, dan perancang pembelajaran.
Model pengembangan desain pembelajaran Briggs bersandarkan pada prinsip keselarasan antara (a) tujuan yang akan dicapai; b) strategi untuk mencapainya; c) evaluasi keberhasilannya. Langkah pengembangan dirumuskan ke dalam sepuluh langkah, yaitu:
- Identifikasi kebutuhan atau penentuan tujuan
- Penyusunan garis besar kurikulum atau rincian tujuan kebutuhan pembelajaran yang telah dituangkan dalam tujuan-tujuan kurikulum tersebut pengujiannya harus dirinci, disusun, dan diorganisasi menjadi tujuan-tujuan yang lebih spesifik
- Perumusan tujuan
- Analisis tugas atau tujuan
- Penyiapan evaluasi hasil belajar
- Penentuan jenjang belajar
- Penentuan kegiatan belajar
- Pemantauan bersama
- Evaluasi formatif
- Evaluasi sumatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar